15 Cara Mengatur Keuangan Dengan Baik Untuk Karyawan Serta Tips Menyisihkan Gaji Anda

By | January 26, 2019

Carabuatwebsite.org, 15 cara mengatur keuangan dengan baik untuk karyawan serta menyisihkan gaji bulanan anda – Cara mengatur keuangan dengan baik untuk karyawan itu mudah. Pengolahan keuangan yang sehat ada beberapa faktor. Salah satunya dengan menyisihkan gaji anda tiap bulan. Anda akan bebas secara finansial jika anda rajin menyisihkan untuk di tabung tiap bulannya.

Cara Mengatur Keuangan Yang Baik Untuk Karyawan

Kesempatan menjadi karyawan di perusahaan adalah kesempatan anda untuk mulai dini menabung. Menabung akan membantu financial anda di kemudian hari. Kesempatan menerima gaji anda dapatkan setiap bulan tentu menjadi kesempatan emas untuk berinvestasi dengan cara menabung atau mendirikan usaha kecil menengah. Jangan takut untuk memulai usaha. Meskipun kecil tapi uang anda dapat berputar menjadi income yang di kemudian hari anda dapat merasakan usaha tersebut.

Baca juga artikel ini :

Saya mempunyai 15 cara mengatur keuangan anda dengan baik meskipun anda karyawan. Ini caranya :

1. Tentukan Tujuan Financial Anda

Tujuan financial adalah kunci suksesnya mengatur keuangan anda. Tentukan tujuan financial anda dengan jelas dan terperinci. Contoh anda ingin mempunyai rumah sendiri. Jadikan dengan mempunyai rumah sendiri tujuan financial anda. Tapi harus dengan terperinci. Contoh anda ingin rumah yang seharga 1 Milyar, jadi berepa yang harus anda sisihkan dari sebagian gaji anda untuk mencapai hal tersebut. Bisa anda tabung melalui deposito bank yang suatu saat bisa anda ambil untuk membeli rumah, atau mencicil sejumlah tanah yang kosong untuk anda beli kelak.

2. Pengeluaran Harus Lebih Sedikit Dengan Pendapatan

Mengatur keuangan yang kedua ini memang sederhana tapi sebagian besar sangat sulit untuk dilaksanakan. Tentu ini dapat dilakukan kalau anda bisa menahan ego belanja anda yang tidak perlu. Seperti contoh anda tidak harus mengeluarkan uang untuk belanja barang kesukaan anda padahal barang yang anda beli tidak mempunyai nilai investasi. Jika anda suka atau hobi mengeloksi sepatu brand, anda mempunyai sepatu brand yang sudah cukup untuk kebutuhan anda. Anda harus stop belanja sepatu dulu.

3. Susunlah Anggaran Bulanan Anda

Dengan adanya pemasukan gaji sebagai karyawan anda tentu sangat mudah menyusun anggaran. Prioritas anggaran untuk kebutuhan pokok selama satu bulan menjadi kunci mengatur keuangan anda. Kebutuhan pokok jangan sampai lebih kecil daripada kebutuhan yang lainnya. Utamakan kebutuhan pokok menjadi prioritas anggaran anda, supaya terpenuhi anda harus disiplin dalam pengelolahan kebutuhan pokok. Maksudnya anda harus menyediakan kebutuhan yang pas untuk satu bulan kedepan. Seperti makanan, minuman, dan uang bensin untuk anda bekerja.

4. Bedakan Antara Kebutuhan Dan Keinginan

Kebutuhan vs keinginan adalah permasalahan yang sering dihadapi orang apalagi karyawan seperti anda. Pengeluaran yang bersifat keinginan itu sebagai pengeluaran yang tidak harus terjadi. Tentukan mana kebutuhan anda dan keinginan anda. Contoh yang paling sederhana adalah anda ingin memiliki rumah itu kebutuhan, kalau anda ingin memiliki rumah mewah itu keinginan.

5. Jangan Sampai Berhutang

Ini adalah penyakit masyarakat Indonesia. Berhutang adalah sebagian hobi masyarakat kita. Kadang hutang tersebut melebihi pendapatan gaji mereka pertahun. Ini kronis banget. Jangan sampai berhutang. Kalau seandainya mau berhutang, anda bisa kredit motor yang anda bisa gunakan untuk sehari hari bekerja. Karena mendapatkan manfaat, dan bisa digunakan untuk berinvestasi kedepan dengan mempunyai modal usaha BPKB motor tersebut. Tapi anda harus mendahulukan kebutuhan pokok anda dahulu.

6. Sisihkan Sedikit Untuk Dana Darurat Mendadak

Tidak ada yang dapat memastikan musibah terjadi. Ketika anda terkena musibah anda akan tertolong jika anda menyisihkan sedikit dana darurat untuk keperluan mendadak. Seperti kecelakaan, kecelakaan tidak bisa di hindari kalau memang sudah waktunya. Pastikan dana darurat ini tidak anda sentuh sedikitpun.

7. Lakukan Perbandingan Harga Ketika Anda Belanja

Untuk mengatur kesehatan keuangan anda yang ketujuh adalah melakukan perbandingan harga ketika anda belanja. Anda bisa melakukan perbandingan harga yang termurah di setiap supermarket yang anda kunjungi. Ini membantu anda untuk mendapatkan penawaran harga yang terendah. Ini juga dapat menghemat keuangan anda.

8. Cari Diskon Atau Potongan Harga

Memanfaatkan diskon dan potongan harga bisa membuat pengeluaran anda lebih hemat. Sekarang banyak supermarket yang memberi potongan harga yang lumayan, apalagi kalau anda sudah menjadi member supermarket tersebut. Pasti terdapat potongan harga yang sisanya bisa anda tabung atau untuk kebutuhan lainnya.

9. Katakan Tidak Untuk Jajan Di Luar Kantor Anda

Pada poin yang kesembilan ini harus anda lakukan untuk anda yang karyawan. Terkadang ajakan teman kantor anda untuk jajan di luar kantor tidak bisa di hindarkan. Lebih baik anda membuat bento atau bekal dari rumah. Ini akan menyehatkan keuangan anda.

10. Mencacat Dengan Rinci Pengeluaran Anda

Ini yang agak susah untuk melakukannya meskipun sederhana dengan mencatat pengeluaran anda secara terperinci. Dengan mencatat dengan terperinci anda bisa mengambil history keuangan anda kemana saja pengeluaran tersebut. Dengan mencatatnya anda bisa menahan atau setidaknya mengurangi pengeluaran anda.

11. Anda Harus Pisahkan Rekening Belanja Dan Rekening Tabungan

Anda harus sadar bahwa rekening belanja dan rekening tabungan jangan di satukan menjadi satu rekening. Harus di pisahkan dan dibedakan masing-masing. Ini meminimalisirkan kejadian keuangan yang menumpuk dan tidak tertata dengan rapi. Ini juga membantu anda dengan belajar memishkan tabungan dan belanja.

12. Anggaplah Tabungan Adalah Pengeluaran Rutin Dan Lupakan

Anggaplah tabungan yang anda sisihkan adalah pengeluaran rutin yang harus anda sisihkan tiap bulanlah. Ini akan melatih anda mengatur tata kelola keuangan yang bagus. Ini juga dapat anda gunakan ketika ada sesuatu yang tidak di inginkan. Latih ini sesering mungkin dan lupakan jumlah yang anda tabung.

13. Lebih Cepat Anda Melakukan Tata Kelola Keuangan Yang Baik Itu Lebih Baik

Lebih cepat anda mengatur tata kelola keuangan anda itu akan lebih baik karena anda memulainya lebih dahulu. Kalau anda menunda nunda mengatur keunangan anda, anda tidak akan bisa mencapai kebebasan finansial nantinya.

14. Berusaha Untuk Terus Disiplin Dengan Mengatur Keuangan Anda

Disiplin ada kunci yang menemtukan keuangan anda akan berhasil nantinya. Berusaha untuk disiplin menyisipkan gaji anda setiap bulan akan mampu menghasilkan keuangan yang sehat serta menjadikan anda pribadi yang gemar menabung dan tidak menghambur hamburkan gaji anda sendiri.

15. Konsistensi

Pada poin terakhir adalah konsistensi. Konsistensi adalah barang yang mahal untuk dilakukan. Menjadi konsisten mengatur keuangan dengan cara yang saya sebutkan di 12 poin diatas akan menjadi percuma karena tidak ada konsistensi. Konsistensi akan membuat anda mencapai kebebasan finansial nantinya.

Kesimpulan :

Anda harus segera mengatur gaji anda biar dapat memenuhi setiap kebutuhan anda, dan jangan lupa untuk menyisihkan sedikitnya 1 persen untuk anda tabung. Bukan berarti karyawan tidak bisa mengatur keuangan secara baik, tapi karyawan pun bisa menjadi kaya dan sukses meraih kebebasan financial tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *